• Blessing Art Professional Web Designer

    Web Desain adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan bagaimana tampilan isi suatu website atau situs. Tampilan dari website biasanya...

    read-more
  • Domain

    Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan...

    read-more
  • Hosting

    Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga...

    read-more
  • SEO

    Search Engine Optimization (SEO- Pengoptimalan mesin pencari) adalah proses meningkatkan volume atau kualitas lalu-lintas pengunjung ke situs web yang...

    read-more
  • Desain Logo

    Sebuah desain logo merupakan perwakilan sebuah perusahaan. Desain logo perusahaan adalah pembeda visual suatu perusahaan dengan perusahaan lain...

    read-more
Previous Next

Pengertian Domain itu ?

Posted by Blessing Art On - - 1 komentar

 
Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.

Sistem nama domain (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain ini.

Pada intinya nama domain adalah nama unik yang digunakan untuk menuju suatu Blog atau situs yang biasanya berdomain custom (semisal blog.blogspot.com) atau top-level domain (situs.com).

Beberapa contoh domain yang paling banyak digunakan di dunia :
  • (site).com (Commercial), Biasa digunakan untuk situs komersil atau umum dan salah satu domain yang paling banyak digunakan di dunia.
  • (site).org (Organization), paling banyak digunakan oleh situs atau forum organisasi dan perkumpulan suatu komunitas di internet.
  • (site).info (Information), digunakan pada beberapa situs yang menyediakan sarana informasi dan jasa penyedia informasi.
  • (site).edu (Education), digunakan untuk situs pendidikan dan pengetahuan.
  • (site).gov (Government), digunakan untuk situs pemerintahan dan kementrian suatu negara atau daerah.
  • (site).mil (Military), digunakan oleh situs-situs pertahanan negara atau militer.

Categories:

One Response so far.

Leave a Reply